Latest News

Pengertian Rekber



Pengertian Rekber -  Rekber atau singkatan dari Rekening bersama adalah sistem pembayaran dalam jual beli barang / jasa yang menggunakan fasilitas pihak ke tiga (penyedia jasa rekber) untuk membantu keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi anda.

Dalam menggunakan jasa penyedia rekber kita sebagai pengguna akan ditarik sejumlah fee atau biaya sesuai jumlah uang transaksi dan biasanya dijelaskan dalam aturan perjanjian penggunaan rekber tersebut.
Untuk biaya fee rekber ditanggung atas kesepakatan dari penjual dan pembeli, siapa yang akan membayar fee tersebut.

Rekber bisa dibuat resmi oleh sebuah situs / forum ataupun tidak resmi yang dibuat oleh beberapa anggota forum tersebut. Dan biasanya setiap situs atau forum jual beli online mempunyai rekber tersendiri, sehingga tidak semua rekber bisa dipakai dibeberapa situs atau forum jual beli online. Anda bisa menanyakan pada situs atau penjualnya langsung apakah ada fasilitas rekber di situs tersebut.

Pengertian Rekber

Seperti pada gambar diatas, Cara kerja dari rekber kurang lebih adalah sebagai berikut :

Pembeli dan Penjual menyepakati deskripsi barang, harga, garansi, asuransi, ongkos kirim dan sebagainya, serta setuju untuk menggunakan jasa fasilitas Rekber dalam melakukan pembayaran barang / jasa tersebut.

Kemudian Pembeli mentransfer dana serta fee rekber (jika ada) yang sudah disepakati ke Rekber.
Pembeli mengkonfirmasi ke penyedia jasa rekber dengan format sesuai aturan dari rekber tersebut.
Penyedia jasa rekber akan memverifikasi bahwa dana pembeli sudah masuk di rekeningnya.
Penyedia jasa rekber akan mengkonfirmasi kepada penjual untuk segera memproses / mengirim barangya kepada pembeli. Dan untuk penjual jangan lupa mengirimkan data banknya (sesuai aturan rekber) kepada pemegang rekber yang bersangkutan untuk memudahkan pencairan dana nantinya.
Jika Barang sudah sampai kepada pembeli, check apakah barang sesuai dengan yang disepakati 
sebelumnya, jika ya pembeli melakukan konfirmasi kepada pihak penyedia rekber.

Setelah ada konfirmasi penerimaan barang dari pembeli kepada peneyedia rekber, maka rekber akan mencairkan dana ke penjual setelah di potong fee rekber.
Transaksi selesai.

Menurut saya Memang agak ribet cara kerjanya jika anda baru pertama kali melakukannya, jika sudah terbiasa ya lancar lancar saja, bisa karena terbiasa, itulah yang bisa saya ucapkan, dengan cara ini cukup efektif untuk mencegah penipuan jual-beli online, jadi anda harus sangat super ekstra hati-hati sebelum anda terkena penipuan jual-beli Secara online.

Yang paling dan sangat penting adalah anda jangan lupa, untuk menggunakan penyedia jasa Rekening Bersama (Rekber) yang terpercaya dan sudah teruji cara kerjanya.

Sekian Artikel Hermanbaguz Tentang Pengertian Rekber Semoga Bermanfaat.